Web-Blog ini merupakan tugas Cyber PR Bina Sarana Informatika (BSI) Cengkareng yang akan dilombakan pada kegiatan PR Camp.

Emergency

EMERGENCY 500-760

Senin, 22 Oktober 2012

Obat Tradisional untuk Maag


Penyakit maag adalah penyakit yang terjadi pada lambung, yang disebabkan oleh berlebihnya  zat asam dalam lambung yang menyeabkan luka pada dinding lambung. Zat asam dalam lambung memang sangat diperlukan untuk membantu kita dalam mencerna makanan, tetapi jika zat asam yang terlalu banyak didalam lambung maka akan menimbulkan penyakit maag. Banyak faktor yang dapat menimbulkan penyakit ini misalnya: makan yang tidak teratur, merokok, minum alcohol/kopi, makanan yang terlalu pedas atau berminyak, bahkan stresspun dapat menjadi faktor penyebab maag.

Penyakit maag dapat dicegah dengan pola hidup  teratur dan makanan yang sehat dan hindari stress. Penyakit maag ini banyak diderita oleh seseorang yang memiliki tingkat kesibukan yang sangat tinggi, sehingga pola makan yang ia lakukan sangat tidak teratur. Penyakit maag dapat di ketahui dari gejala-gejalanya seperti mual, perut terasa kembung, nyeri di ulu hati bahkan sampai ada yang sesak nafas, sering bersendawa, dan cepat merasa lapar dan kenyang.

Adapun obat tradisional yang dapat mengobati penyakit maag, selain karena terbebas dari bahan kimia yang dapat menimbulkan berbagai penyakit tambahan karena kandungan bahan kimia, obat tradisional ini sangat terjangkau harganya dan mudah didapat. Berikut ini macam-macam obat tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag.

1.      Kunyit
Bahan aktif yang terkandung dalam kunyit terbukti memiliki efek antioksidan, anti bakteri, anti radang, dan anti kanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag dan untuk kesehatan lainnya.
Penggunaan : Ambil 2 ruas kunyit, lalu kupas kulitnya hingga bersih, parut kunyit, tambahkan air matang lalu peras untuk mengambil sarinya, minum 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.

2.      Kacang hijau
Kandungan dalam kacang ijo bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam lambung berkurang.
Penggunaan : Bersihkan kacang hijau lalu jemur hingga kering, tumbuk hingga halus kemudian ambil satu sendok makan seduh dengan air hangat, diminum 3 kali sehari.

3.      Pisang Raja
Kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung.
Penggunaan : Ambil pisang raja yang sudah tua tetapi belum matang, kupas kulitnya lalu potong seperti keripik, kering kan tetapi jangan di bawah matahari langsung, cukup di angin kan saja. Blender/tumbuk pisang, ambil satu sendok makan pisang dan campur dengan madu. Konsumsi 2 kali sehari pagi dan malam.

Inilah artikel kesehatan tentang obat tradisional menangani penyakit maag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (Devi Fitriari 41110283)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar